RSS

Bikin SIM Internasional Ternyata Cepat dan Gampang

01 Feb

Awal tahun 2013 ini aku traveling ke Korea. Seperti biasa, jauh sebelum hari H aku nyusun itinerary-nya dengan cara nyari informasi dari internet. Kota-kota yang bakal dikunjungi udah ditentuin bakal ke Busan, Jeju dan Seoul. Dari hasil googling-googling ternyata cukup repot kalau harus naik transportasi umum di Jeju untuk keliling pulau, pindah dari satu tempat wisata ke tempat wisata yang lain. Aku nemu blog orang yang nyeritain traveling dia waktu di Jeju. Waktu di sana dia menyewa mobil di KT-Kumho Rent. Waktu aku cek ternyata harganya juga murah cuma ada syaratnya, kita harus punya SIM Internasional.Dari situlah akhirnya aku cari-cari info gimana caranya bikin SIM Internasional ini. Ternyata udah banyak informasi tentang pembuatan SIM Internasional ini. Berikut adalah syarat-syarat yang harus disiapin buat WNI:

  • KTP asli dan foto copy (1 lembar)
  • Paspor asli dan foto copy (1 lembar)
  • SIM A yang masih berlaku, asli dan foto copy (1 lembar)
  • Materai Rp 6.000 (1 buah)
  • Pas Foto ukuran 4×6 (3 lembar, untuk Pria berdasi dan Wanita pakai blazer, latar belakang foto warna biru)

Biaya pembuatan untuk SIM Internasional yang baru Rp 250.000, sedangkan untuk perpanjangan Rp 225.000. Mulai bulan Mei 2014, masa berlaku SIM ini adalah 3 tahun.

Tempat pembuatan SIM Internasional ini di Kantor Korlantas Mabes Polri Jl. Letjen MT Haryono Kav 37-38 Jakarta. Lokasinya di dekat jembatan Stasiun Cawang. Jam bukanya pukul 08:30 – 15:00 (istirahat pukul 12:00 – 13:00).

Google Map: Lokasi Kantor Korlantas Mabes Polri

Google Map: Lokasi Kantor Korlantas Mabes Polri

Kalau dari arah barat (Pancoran), lewat Jalan arteri MT Haryono trus nanti setelah pom bensin Shell dan sebelum naik jembatan Stasiun Cawang ambil kiri lewat bawah jembatan (nggak naik ke jembatan). Setelah itu nanti ketemu pertigaan (dekat Stasiun Cawang) belok kanan masuk terowongan di bawah jembatan. Begitu keluar dari terowongan ada pertigaan lagi belok kanan. Lurus aja nanti masuk ke Arteri MT Haryono lagi (arah sebaliknya pas berangkat). Nggak jauh dari situ nanti di kiri jalan ada semacam gapura yang ada tulisannya polisi-polisi gitu di kiri jalan, masuk aja. Ada penjaganya di gerbang situ, lewat aja terus pelan-pelan. Ada perempatan kecil masih lurus aja sampai ketemu parkiran mobil yang lumayan luas. Kalo bawa mobil ya cari parkir aja di situ. Gedung tempat pembuatan SIM Internasional ada di sebelah selatan dengan pintu menghadap ke utara. Ada petunjuknya kok tempat Pembuatan SIM Internasional gitu. Masuk ke gedung utama, nanti setelah masuk pintu depan, di sebelah kanan ada mesin buat ngambil kertas nomer antrian. Pencet aja trus ambil kertasnya. Tunggu deh di lobby situ, ada tempat duduk buat nunggu. Di dinding di atas mesin antrian tadi ada layar petunjuk sudah sampai nomer antrian berapa (mirip di bank-bank gitu). Nah nanti ada panggilan nomer antrian buat di suruh masuk.

mesin kertas antrian dan di atasnya layar penunjuk nomer antrian di ruang tunggu

mesin kertas antrian dan di atasnya layar penunjuk nomer antrian di ruang tunggu

Ruangan tempat pembuatan SIM-nya ada di luar dari gedung utama. Jadi kalau udah dipanggil nomer antriannya, keluar lagi lewat pintu depan trus langsung belok kiri ada pintu kecil di sebelah kiri itu dan masuk ke situ. Ruangannya lumayan kecil sih. Pas di dalem nanti serahin syarat-syarat yang disebutkan di atas tadi ke petugasnya dan kalo udah lengkap trus nanti kita dikasih form yang harus diisi. Kalo nggak salah inget pakai nempelin jari kita ke mesin finger scanner sama foto di tempat. Habis itu bayar trus nunggu petugas ngetik-ngetik data kita dan nunggu sim nya dicetak. Proses waktu di dalam paling cuma sekitar 10 menitan. Cepet dan nggak ribet kalo memang syarat-syaratnya udah lengkap. Biasanya yang bikin lama itu antriannya kalo misal rame. Waktu itu sih aku kesana pas jam kerja, sekitar jam 10-an gitu. Antrian sebelum aku paling cuma 2 orang. Jadi nggak nunggu terlalu lama.

Tidak ada tempat untuk membuat dan mencetak pas foto di sana jadi syarat pas foto harus sudah dipersiapkan dari rumah. Namun demikian, ada tempat untuk foto copy jika ingin mem-foto copy dokumen.

Buat yang di luar kota Jakarta, setahu aku SIM Internasional ini cuma bisa dibuat di tempat yang disebutkan di atas saja. Jadi ya mau nggak mau harus ke Jakarta. Kurang tahu deh bisa diwakilkan orang lain atau nggak, soalnya butuh screening jari sama foto di tempat. Ada juga kayaknya lewat apa gitu (pernah baca), jadi nggak langsung ke Korlantas. Tapi aku nggak tau mekanismenya gimana. Yang pasti harganya jauh lebih mahal, kalo ga salah bisa sampai 750rb. Dan inilah penampakan SIM Internasional yang dikeluarkan Ditlantas Kepolisian Republik Indonesia:

bagian luar SIM Internasional (kanan: bagian depan, kiri bagian belakang)

bagian luar SIM Internasional (kanan: bagian depan,  kiri: bagian belakang)

bagian dalam SIM Internasional

bagian dalam SIM Internasional

Bentuknya semacam buku kecil. Sekarang bentuk SIM Internasional memang seperti ini saja. Dari hasil googling sih memang dulu katanya ada 2 macam, buku seperti ini dan 1 lagi berbentuk kartu seperti SIM dalam negeri. Jadi ya buku inilah yang kita bawa ke luar negeri sebagai surat izin mengemudi yang diakui oleh negara yang kita datangi tersebut. Kalau mau sewa mobil sopir sendiri ya tinggal tunjukin buku ini sama paspor kita.

Pokoknya nggak rugi deh kalo traveling rame-rame ke suatu negara trus kita sewa mobil buat keliling antarkota, apalagi kalau agak susah transportasi umumnya. Bisa irit waktu dan bisa bebas mau kemana kita suka. :)

About these ads
 
45 Comments

Posted by on February 1, 2013 in Indonesia

 

45 responses to “Bikin SIM Internasional Ternyata Cepat dan Gampang

  1. omnduut

    February 1, 2013 at 7:39 pm

    Terima kasih infonya, aku malah sebelum baca tulisan ini mikirnya SIM Internasional harus dibikin di negara tujuan :D

     
    • Noviar

      February 1, 2013 at 11:09 pm

      sip..sip.. ^^

       
      • zakaria_akbar@yahoo.com

        February 7, 2014 at 10:59 am

        Bos….mau tanya apa keterangan biaya di atas pembuatan sim baru 250.000 rupiah, sudah mencakup semua biaya kecuali materai, apa perlu biaya lain untuk peng-sah kan nya dari negara yang akan di tuju untuk pengunaannya…..mohon pencerahan nya :)…
        makasih …..

         
    • margie

      April 3, 2013 at 10:36 am

      Wah…… di tahun 2010 saya bisa membuat SIM Internasional secara OL, mudah, praktis dan reliable maksudnya SIM tsb. dapat saya pakai mengemudi di luar negeri. Agak mahal memang 600rb dan biaya ongkos kirim 14rb. tapi saya rasa sangat worth it dibandingkan harus menembus samudera kemacetan Jakarta. Saat itu saya merasa kagum pada pelayanan canggih yg disediakan oleh DITLANTAS BABINKAM POLRI yang mengeluarkan SIM Internasional tsb. patut di acungkan jempol!!!Sekarang saya baru tahu bahwa layanan nyaman membuat SIM Internasinal OL tersebut tidak lagi berlaku dan kita harus datang ke tempat yg ditunjukkan di atas… alamak……

       
  2. vince

    February 20, 2013 at 8:48 am

    gak ada tes tertulis sama tes driving ya kah pak???

     
  3. Oedin

    May 3, 2013 at 7:33 pm

    terimakasih atas info nya,sbb saya jg ada rencana bikin Sim internasional……..dan menurut infonya proses nya tk seribet yg saya bayangkan,skl lg trim buanyak

     
  4. wawan

    June 1, 2013 at 1:54 pm

    Mohon ijin tuk melengkapi dan berbagi pengalaman, bagi yg waktunya terlalu mepet utk mengurus sim international bisa langsung diurus dikantor Kedutaan Besar Republik Indonesia(KBRI) di tiap negara yg anda tuju. syaratnya cukup mudah, bawa SIM asli dari Indonesia dan serahkan pada staff KBRI maka petugas akan membuatkan Translation(terjemahan) dalam bentuk kertas 1 lembar yg inti dari isinya bahwa KBRI menjelaskan bahwa yg bersangkutan di negara indonesia memegang SIM jenis A(tergantung sim masing2) yg dpt utk dipakai mengemudikan kendaraan beroda 4. Kalau ndak salah berlakunya hanya 2 bulan dan biayanya tergantung KBRI dimasing2 negara. Kebetulan saya di New Zealand waktu itu hanya kena biaya $20 dengan kurs saat itu NZ$1=Rp.7800,-. waktu pengurusannya tergolong cepat kurang dari 30 menit. Terbuktui ketika saya pakai pun aman dan lancar.
    Semoga bermanfaat ya.

    wawan
    @WanAbduh
    25bb29ec

     
    • Noviar

      June 2, 2013 at 6:58 am

      Makasih Mas Wawan buat sharing-nya. ^^
      Informasinya jadi makin banyak.

       
    • nezz

      May 15, 2014 at 1:35 pm

      Maaf mas wawan mau tanya nih, simnya klo bikin d KBRI kan masa berlakunya hanya 2bln, nah setelah masa berlaku habis untuk memperpanjangnya harus datang ke KBRI lagi atau bagaimana??

       
  5. penthol

    June 4, 2013 at 10:57 pm

    Aku sih dah pake sim internasional online ,,,,lancar aja gak da masalah,,,ku buat 2 tahun lalu,,,,,masa berlaku 5 taun

     
    • Noviar

      June 4, 2013 at 11:44 pm

      Bolehkah di-share link-nya? Karena setauku baik dulu pas msh diterbitkan sama IMI maupun sama Kepolisian skrg ga pernah ada yg masa berlakunya 5 th. Dr yg aku pernah baca IMI menerbitkan sim international utk masa berlaku 1 th. Sekarang kepolisian menerbitkan utk masa berlaku 3 th (sblmnya jg cm 1 th).

       
  6. Sim Internasional

    June 5, 2013 at 8:42 am

    ini link langsung ke FB SIM Internasional Korlantas Polri. Silahkan di ADD. Trima kasih.

    http://www.facebook.com/sim.internasional.7?hc_location=timeline

     
    • Noviar

      June 5, 2013 at 10:05 am

      Terima kasih Pak/Bu Admin ^^

      Buat yg sedang mencari info ttg SIM internasional, silakan buka link tersebut bagi yang membutuhkan informasi lebih lanjut. Jangan sampai ada yg mendapatkan informasi yang salah.
      Dari yang saya baca di FB tsb, untuk membuat SIM internasional memang diharuskan datang sendiri ke Gedung NTMC Polda Metro karena akan dilakukan foto dan scanning sidik jari.

       
  7. gunawan

    July 12, 2013 at 11:48 am

    mas,mau tanya…kalo naik kereta api dari madiun ke cawang turun di stasiun mana yaa???
    083845388588 mohon bantuannya

     
    • Noviar

      July 12, 2013 at 12:07 pm

      Turun di Stasiun Jatinegara saja. Itu stasiun terdekat dimana semua kereta dari arah timur berhenti utk menurunkan penumpang.

       
  8. jj

    September 10, 2013 at 11:13 am

    ada yg tau jasa pembuatan SIM nya? tq

     
  9. Arie

    September 19, 2013 at 7:19 am

    Kalo info jam buka korlantas tau ga ya? Sy udah nyari2 di website polri blum ketemu niihh, trus numpang nanya jg kalo dari cengkareng ke korlantas naik taxi kira2 butuh berapa lama ya? Makasih sharingnya

     
    • Noviar

      September 19, 2013 at 2:56 pm

      Aku juga kurang tau.. tapi umumnya layanan di kepolisian itu buka jam 09.00.
      Kalau naik taksi dari Cengkareng ke Korlantas sih kira2 1 jam kalau misal nggak macet. Cengkareng ni maksudnya bandara bukan? kl bandara, ada alternatif kendaraan umum yg murah, naik bus Damri jurusan Pasar Minggu. Turun di lampu merah Pancoran trus lanjut naik taksi. Udah deket itu dari Pancoran.

       
  10. Arie

    September 20, 2013 at 5:14 pm

    Thanks ya infonya, sudah berhasil ngurus simnya buat 3 tahun dan beneran cepat n gampang:) sekedar tambahan info smoga bermanfaat buat yg laen, Korlantas ternyata buka jam 8.30 pagi

     
    • Noviar

      September 20, 2013 at 5:42 pm

      Sippp… thanks juga tambahan infonya :D

       
  11. Hanz

    October 16, 2013 at 12:55 am

    Thank you sharingnya. Boleh tau waktu itu total proses bikin SIM nya berapa lama ya? 1 jam? 2 jam? (dengan kondisi antrian 2 orang saja). Dan kalo gak salah saya pernah dengar di sana disediakan semacam foto studio utk yang belum sempat foto. Benarkah? Tau biayanya gak? Terima kasih sebelumnya untuk jawabannya.

     
    • Noviar

      October 16, 2013 at 6:10 am

      Seorangnya sih palingan ga sampe 10 menit. Kalo misal anggep aja seorang nya 10 mnt brrti kalo ada 2 antrian ya kira2 nunggu 20 mnt dan total 30 mnt sudah kelar SIM nya Mas Hanz :)
      Waktu aku bikin sih aku liat ga ada foto studio di sana. Sebenernya ga harus foto baru juga sih asal mukanya ga berubah jauh. Dan bisa jg foto sendiri trus tinggal di-photoshop background-nya & cetak pake kertas foto :)

       
      • Hanz

        October 16, 2013 at 8:36 am

        Okay terima kasih banyak ya infonya :)

         
      • Noviar

        October 16, 2013 at 9:17 am

        Sip.. sama2 ^^

         
  12. akhmad

    December 13, 2013 at 6:37 am

    Bro,
    Mo nanya. Kalau dari bandara soetta ke korlantas, transportasi yg aman, lantjar n murah apa ya? kira2 ongkosnya berapa/
    Thanks

     
    • Noviar

      December 13, 2013 at 7:28 am

      Naik Bus Damri jurusan Pasar Minggu, turun di Pancoran. Ongkosnya 25rb kl blm naik. Dari Pancoran bs naik taksi, ojek atau bajaj. Ga terlalu jauh dr situ. Paling kl taksi ga sampe 25rb

       
  13. Fitrie

    April 21, 2014 at 8:50 am

    Thanks untuk infonya,,,,,,, sempet bingung cari lokasinya,,,,,petanya berguna banget,,,,friend,,,,,

     
    • Noviar

      April 21, 2014 at 9:05 am

      sama2.. dl jg bingung pas mau nyari lokasinya dan wktu itu blm ada yg share. makanya aku coba share stlh dari sana biar bs membantu tmn2 yg lain :D

       
  14. Olie

    April 22, 2014 at 7:54 pm

    lam kenal, Mas.
    Bikin pas foto bisa di tempat nggak?
    Maksud saya apa di Korlantas sedia bikin pas foto tersebut?

     
    • Noviar

      April 22, 2014 at 8:04 pm

      Salam kenal juga.
      Di sana nggak ada tempat bikin pas foto. Jadi ya harus bawa pas foto sendiri sesuai dg yg dipersyaratkan.

       
      • Olie

        April 23, 2014 at 9:06 am

        Siiiip. Thanks Mas Noviar.

         
      • Noviar

        April 23, 2014 at 9:50 am

        Sama2 :)

         
  15. utamandarya

    May 20, 2014 at 11:23 am

    mantab infonya. mau coba action ah bikin. punya info dari jam berapa sampai jam berapa kita bisa ambil nomor antrian? maklum musti atur waktu buat kabur dari kantor..

     
    • Noviar

      May 20, 2014 at 1:09 pm

      Aku kurang tau bukanya jam brapa. Tapi waktu itu aku jg kabur bentar dr kantor. Sampe sana sekitar jam 10 lewat. Dan ga ngantri lama. Cuma ada seorang yg ngantri sblm aku. Lbh lama kena macet di jlnnya malah -_-

       
  16. 2002yahoo

    May 28, 2014 at 11:50 am

    Terima kasih sekali info nya. Sangat membantu! Info utk yg lain yg ingin mengurus SIM Int’l, as of May 2014, SIM Int’l yg diterbitkan berlaku 3 tahun. Jam buka: 8:30 – 15:00. Istirahat: 12:00-13:00. Tidak ada tempat cetak pas foto di dekat situ, tapi ada tempat fotocopy.

     
    • Noviar

      May 28, 2014 at 1:20 pm

      Terima kasih juga sudah mampir komen di sini untuk melengkapi informasi yang belum saya ketahui.
      Boleh saya sekalian bertanya, SIM Internasional yang diterbitkan oleh POLRI ini apakah berlaku untuk semua negara atau ada beberapa negara yang tidak menerima SIM ini untuk berkendara di negara tersebut? Jika memang tidak semua negara, negara mana sajakah yang mengakui SIM Internasional ini sebagai driver license di negara tsb?

       
  17. aris

    June 3, 2014 at 10:14 am

    Tks petunjuknya persis..sudah dapat hr ini 03 jun 2014.. Komisaris polwan yg melayani sungguh ramah dan bersahabat..antri no.8. Asli gak sampe 10 menit jadi deh.. Puas ats layanannya. Tks to all.
    Hati2 buat semua, dari googling saya nemu website abal2 minta transfer dulu terus simnya ingin dikirim via tiki dll, hadeeh kayak beli barang gt..tega amat.

     
    • Noviar

      June 3, 2014 at 10:19 am

      Sip.. trm ksh jg sdh sharing di sini.. :)

       
  18. sandra

    July 3, 2014 at 3:24 pm

    Hari sabtu buka ngak ya,

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 129 other followers

%d bloggers like this: