RSS

My First Singapore Trip: the real backpacker hostel, Esplanade, Merlion Park, and Marina Bay (day-1)

07 Apr

Gara2 November taun lalu dapet info promo Tiger Airways 0 USD, aku ma temen2 kantor bertiga merencanakan buat liburan ke Singapura awal bulan Maret ini. Baru denger juga nama ni maskapai. Ternyata Tiger ini maskapai low budget-nya Singapura. Akhirnya kami dapet tiket 0 USD untuk berangkat hari Rabu tgl 2, balik Sabtu tgl 5. Meskipun dapet tiket itu, tapi ujung2nya yg dibayar jg ga segitu. Per orang kena pajak 5.84 USD ditambah 5 USD untuk service fee karna pake kartu kredit untuk sekali jalan. Jadi per orang kena 21.68 USD PP. Masih tetep murah kalo dibanding naik Airasia promo 50rb IDR yg aku beli untuk awal Mei taun ini jg, kalo ditotal termasuk pajak ma airport tax Changi (include di tiket) bisa 300rban IDR lebih. Kalo Tiger dah ga perlu bayar airport tax Changi.

Pesawat berangkat dari Cengkareng jam 11.15. Syukurlah sekarang kita ga perlu ribet2 lagi ngurus bebas fiskal pake kartu NPWP karna sekarang sepenuhnya dah bebas fiskal. Jangan lupa bawa colokan listrik kepala 3 yg ada lubangnya utk tempat colokan 2, karna di Singapura ga ada tempat colokan kepala 2. Sampe di Singapura jam 14 lebih waktu setempat (1 jam lebih awal dari WIB). Terminalnya Tiger Airways ini ternyata di Budget Terminal-nya Changi. Untuk ke stasiun MRT Changi yang ada di Terminal 2, kita harus naik shuttle bus yg memang melayani rute Budget Terminal – Terminal 2 PP.

depan terminal kedatangan, tempat naek shuttle bus

ini dia shuttle bus-nya budget terminal

Begitu sampai Terminal 2 dan turun dari bus, langsung ikutin petunjuk ke arah stasiun MRT. Kami memutuskan untuk membeli tiket EZ-Link, semacam kartu yg bisa diisi ulang. Harga kartu perdananya 12 SGD yang di dalamnya sudah berisi pulsa 7 SGD, sedangkan 5 SGD nya adalah harga kartunya itu sendiri yang ga bisa direfund. Waktu itu kami isi 17 SGD. Kalo pake tiket ini keuntungannya kita bisa pake untuk semua jenis transportasi umum di Singapura, mulai dari MRT, bus umum, sampe monorail-nya Sentosa dan kita ga perlu repot2 beli tiket reguler tiap kali mau naik MRT yg jadi satu2nya kendaraan utama kami. Karena beli tiket tiap kali mau naik MRT itu takes time banget. Kalo saldo sisa pulsa di bawah 3 SGD, kartu dah ga bisa dipake lagi jadi harus isi pulsa (top-up) dulu. Top-up bisa dilakukan di counter tiket atau di mesin penjual tiket. Kelipatan top-up nya per 10 SGD. Tiket bisa dibeli di loket yg ada tepat di dekat gate masuk ke ruang tunggu MRT dari arah Terminal 2. Soalnya kalo di loket yang dari arah terminal 3, kita ga bisa beli ez-link baru di loket itu.

Singapore MRT & LRT System Map

Hostel tempat kami menginap adalah CozyCorner Guesthouse yg ada di North Bridge Rd., seberangnya Bugis Junction, jadi tujuan kami adalah stasiun MRT Bugis. Kami naik MRT dari stasiun Changi ke stasiun Tanah Merah. Begitu MRT sampe Tanah Merah, kita kluar dari pintu di sebelah kiri, trus naik MRT yg ke arah Joo Koon dan turun di stasiun Bugis. Sampe di Bugis Junction kami mencari makan siang, dan kami putuskan makan di McD di deket air mancur Bugis Junction. Dan tentunya harga paketnya mahal. Sekitar 6an SGD dah lengkap dg kentang/nasi dan minumnya. Lalu kami langsung cari hostelnya dan check-in. Harga hostel di CozyCorner lumayan murah. Private room twin bed cuma 45 SGD, double bed 50 SGD, dorm yg berempat 18 SGD per dolar dan dorm yg berenam 15 SGD. Kami pilih 1 private room dan 1 dorm. Dorm di sini campur cewek ma cowok. Memang bener2 backpacker hostel nih. Begitu masuk di “lobby” nya banyak carrier bag gede2 berjajar. Private room nya pun sempit. Ada AC tapi ga brasa, untung ada kipas gede di langit2. Di koridor depan pintu kamar private kami ada kasur yg saat itu lagi ditempatin ma cowok bule, ga tau itu termasuk dorm yg mana. Di dorm yg sekamar berempat jg ber-AC yg justru malah lebih brasa dinginnya.

air mancur di bugis junction (atau air loncat ya?!)

ini dia tarif harga kamarnya CozyCorner

Setelah leye2 sebentar, kami lanjutkan ke spot pertama, Merlion Park. Kami naek MRT dari Bugis ke stasiun City Hall dan jalan kaki ke ke arah Esplanade. Esplanade merupakan gedung yg atapnya kayak durian dan dalamnya merupakan theater yg biasa digunakan untuk pertunjukan2 seni.

di depan esplanade

Slese foto2 di depan Esplanade, kami lanjutkan jalan ke Merlion Park dan foto2 di sepanjang jembatan menuju Merlion Park. Dari sini bisa melihat Marina Bay, Singapore Flyer, Merlion Park, dan Hotel Fullerton yg terkenal itu. Sore2, banyak warga Singapura yg jogging di area ini. Suasananya memang mendukung. Ga ada yg namanya polusi udara akibat asap kendaraan. Waktu sampe Merlion Park ternyata si patung Merlion yg terkenal itu lg dipugar jd ditutup pake triplek. Gagal dah foto2 dg latar Merlion. Di deket situ ada tukan jual es krim potong kliling yg mangkal. Karna pengen nyoba, jadi kami beli, satunya 1 SGD. Es krim ini bentuknya kotak2 dan ada berbagai pilihan rasa. Kalo ada yg beli, dari kotakan gede dipotong sekitar ukuran 10x5x1.5 cm trus di kedua sisinya dikasih roti kering tipis macam kripik sbg pegangannya. Enak juga ternyata dan patut dicoba. Setelah foto2 lanjut jalan ke arah Marina Bay. Lumayan jauh juga jalannya karna harus muter. Di sepanjang jalan di tepi sungai banyak orang yg jogging dan ada jg yg sekedar duduk2 menikmati udara sore. Sampe di mal The Shoppes at Marina Bay Sands yg ada di seberang Marina Bay, kami foto2 di depan casino, berhubung ga punya duit dan cuma pake sendal. Abis itu langsung nyebrang ke Marina Bay dan pengen masuk. Eh ternyata kalo mau masuk musti bayar 20 SGD. Karna budget terbatas, jadi sudah jelas ga akan masuk. Dari situ kami bingung cari stasiun MRT terdekat. Stasiun Bayfront yg paling deket tapi masih dibangun. Jadi musti ke stasiun Marina Bay. Dari situ musti naik bus. Nomer bus bisa di liat di tiap halte. Di situ lengkap petunjuk nomor bus dan tujuannya. Halte pemberhentian bus ke stasiun Marina Bay lokasinya lumayan jauh kalo jalan kaki. Harus jalan balik arah dg arah bus tadi alias dah kelewat. Tapi memang itu halte terdekatnya. Untuk kembali ke Bugis, harus naik MRT dari Marina Bay dan turun di stasiun Raffles Place atau City Hall trus ganti MRT yg ke arah Pasir Ris dan turun di Bugis.

background marina bay dari jembatan antara esplanade dan merlion park

jembatan menuju patung merlion (yg dikotakin merah & ada tulisannya The Merlion Hotel), di sisi kanan ada The Fullerton Hotel

background The Fullerton Hotel dan Esplanade (paling kanan) dari kompleks Marina Bay

mal the shoppes at marina bay sands

Kami makan malam di warung2 makan yg ada di bawah hostel kami. Banyak warung2 di situ yg halal. Kita bisa tau dari tulisan yg terpampang di warung tsb. Harga makanannya berkisar 3 – 6 SGD. Menunya macem2. Kalo di warung chineese ada berbagai macam mie2-an ma nasi2an. Kalo di India-Arab ada menu2 seperti nasi briyani, roti prata, dll. Setelah makan kami beli air mineral di 7eleven di terdekat. Air mineral di Singapura tergolong mahal. Yg 600 ml aja di 7eleven paling murah 1 SGD lebih. Dan hari pertama pun kami akhiri. (perjalanan berlanjut ke day-2)

 
4 Comments

Posted by on April 7, 2011 in Singapore

 

4 responses to “My First Singapore Trip: the real backpacker hostel, Esplanade, Merlion Park, and Marina Bay (day-1)

  1. sandy

    January 18, 2013 at 2:31 pm

    Masih tetep murah kalo dibanding naik Airasia promo 50rb IDR yg aku beli untuk awal Mei taun ini jg, kalo ditotal termasuk pajak ma airport tax Changi (include di tiket) bisa 300rban IDR lebih. Kalo Tiger dah ga perlu bayar airport tax Changi.

    saya mau tanya, sy beli tiket dr kl ke sgp pp..apa kalau mau balik ke kl jg ga kena airport tax ya?? sy pake airasia .. mohon info 27b955b1 – @cisca_juliana – 081915992155

     
    • Noviar

      January 20, 2013 at 12:06 am

      bandara2 di SG & Malaysia, airport tax udh trmsk dalam harga tiket. Jd kl kamu berangkat dari bandara2 di sana ya ga perlu lagi bayar airport tax. Bayar airport tax di bandara itu hanya terjadi kl kamu brgkt dari bandara2 di Indonesia (kecuali kalo naik Garuda, skrg airport tax-nya udh include harga tiket). Di bandara2 di negara lain jg kebanyakan airport tax udah include dlm harga tiket.😀

       
  2. liburan singapore

    July 1, 2014 at 10:08 pm

    enak ya liburan ke singapore
    kapan ya bisa kesana…

     
    • Noviar

      July 1, 2014 at 10:52 pm

      Begitulah..🙂

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: