RSS

My First Singapore Trip: Snow City, Science Centre, Orchard Rd., Mustafa Center and Little India (day-2)

11 Apr

Hari kedua aku ma temen2 aku berencana mau ke Snow City, Science Centre, Orchard Road, Mustafa Center en Little India. Kami berangkat dari penginapan sekitar jam setengah 10 pagi. Tujuan pertama kami adalah Snow City & Science Centre yg lokasinya berada dalam 1 kompleks. Snow City & Science Centre ini baru buka jam 10 pagi. Lokasinya berada di daerah Jurong East. Dari stasiun MRT Bugis naek yg ke arah Joo Koon trus turun di stasiun Jurong East (Peta Jalur MRT bisa diliat di bagian Day-1). Dari stasiun ini kluar langsung menuju terminal bus Jurong East dan naek SBS Bus nomer 335, turun di halte snow city (krn kami mau ke snow city dulu). E-ticket bisa dipake utk naek SBS bus. Pas masuk bus, scan kartu di alat yg ada di dkt pintu. Jangan lupa scan lagi pas mau turun. Karna kata temen aku yg di Singapura, kalo ga scan kartu pas turun, bakal didenda 2 atau 3 SGD gitu (ngurangin otomatis isian kita di kartu).

bangunan Snow City yg menghadap jalan raya

Sampai di Snow City kami beli tiket masuknya seharga 16 SGD (include tiket masuk Science Centre dan baju dingin+spatu di Snow City). Oya, kalo ga mau kluar duit ekstra utk beli kaos kaki ma sewa sarung tangan ya musti bawa sendiri dari rumah. Yg pasti kita musti nyewa locker buat nyimpen barang2. Sewa locker nya 1 SGD sekali pake. Locker nya kecil jd kl bisa jgn bw2 bnyk barang ma tas gede kalo kesini. Trus pas masuk ke arena, ga boleh bawa kamera & foto2 sendiri karna nanti pas kita masuk bakal ada petugas yg bawa2 kamera & moto2in kita dan nanti foto kita di jual pas di luar arena. Ada counternya dan kita bisa pilih2 pake layar monitor. Harga fotonya bervariasi, ada paket2annya. Trus kalo mau minta softfile nya bisa nambah 10 SGD utk semua foto yg kita beli yg dimasukin CD. Di dlm arena suhunya sekitar -3 derajat celcius. Di dlm jg ada spot2 buat foto. Yg paling bikin ketagihan adalah seluncuran pake ban. Jadi seluncurannya berupa bidang miring yg lebar dan lmyn tinggi dan panjang. Kita duduk di atas ban dari atas dan ngluncur ke bawah. Di tengah2 pasti kita bakal muter yg bikin pas pertama ngluncur agak2 bikin serem. Tp sekali dua kali ngluncur, malah jadi ketagihan.

salah satu spot foto di dalem arena Snow City

seluncuran pake ban di Snow City

Dari Snow city kami menuju ke Science Centre yg msh 1 komplek sama Snow City. Karna dah hampir waktu makan siang jadi kami putuskan buat makan dulu. Di situ ada restoran McD dan kami makan siang di situ. Makan siang di McD berkisar 4 SGD dah sama minum. Krn pas jam makan siang jd ada menu paket makan siang, jadinya harganya lbh murah dibanding kl pas ga jam makan. Hbs makan langsung masuk ke Science Centre. Di sini isinya macem2 penemuan science. Kl utk org dewasa macam kami kyknya kurang cocok berkunjung di sini, akan lebih cocok utk pelajar sekolah dan anak2. Belum sampe kelilingin semua isinya, kami dah bosen dan pengen kluar. Pas mau kluar trnyata di luar ujan jadi ya nunggu dulu di dalem sampe ujannya reda.

terminal bus Jurong East

Sekitar jam 3 lebih kluar dari science centre trus nyebrang & naek bus 335 lagi ke Terminal East Jurong & naek MRT ke Orchard. Utk ke Orchard kita naek MRT East West Line (jalur warna hijau) ke arah Tanah Merah trus turun di Raffles Place ato City Hall trus ganti MRT North South Line (jalur warna merah) ke arah Jurong East dan turun di Orchard. Atau bisa juga pilih opsi naek MRT North South Line dari Jurong East ke arah Marina Bay, ga perlu ganti jalur tapi jarak lebih jauh karna harus muter lewat utara.

Sampai di Orchard kami jalan ke arah timur menyusuri orchard road mau ke Plaza Singapura sebenernya, mau cari outlet everbest tp ga ketemu (blkgn baru tau kl mau ke Plaza Singapura turunnya musti di stasiun MRT Dhoby Ghaut). Stlh jalan jauh sampai ke outletnya forever21 di seberang (temen beli kacamata yg katanya lebih murah drpd di Indonesia) trus balik ke arah stasiun Orchard lagi dan masuk ke ION krn di sini ada jg outlet everbest yg dicari. Di sini puyeng nyariin outletnya yg ternyata ada di lantai B4 alias basement 4. Kalo di Indonesia mah B4 jadi parkiran doank, tp kl di Singapura kepake jg jadi mal tu bawah tanahnya dan kebanyakan saling terkoneksi ke stasiun MRT. Dari ION ini pun bisa langsung tembus ke stasiun MRT Orchard, jadi ga perlu kluar lagi.

suasana di orchard road

burung2 merpati di orchard road

orchard road

Dari Orchard kami mau ke Mustafa Center buat beli oleh2. Kami naek MRT North South Line ke arah Marina Bay trus turun di Dhoby Ghaut. Di sini ganti MRT North East Line (jalur warna ungu) ke arah Punggol trus turun di Farrer Park. Kluar dari stasiun kami jalan menyusuri Serangoon Rd. ke arah selatan. Ga jauh jalan, di kanan jalan ketemu Masjid Angullia pas di pojokan jalan. Karna bentar lagi Magrib, jadi kami putuskan untuk sholat Magrib dulu di sini. Ternyata penuh juga jama’ah yg sholat di masjid ini. Jam tangan dah nunjukin jam stgh 8 mlm dan temen aku yg 1 musti jemput ceweknya ke bandara yg nyusul ke Singapura dari Bangkok. Temen aku jg sih ceweknya, lg S2 di Bangkok. Jadi tinggal berdua aja kami. Mustafa Center ada di seberang masjid ini, agak masuk ke jalan di depannya sih, tp masih kliatan. Masuk ke Mustafa Center, ternyata dalemnya cm semacam toserba. Semuanya ada dijual disini. Mulai dari jam tangan, kaca mata item, elektronik, dompet, pernak-pernik buat oleh2 sampai kaset2 CD/DVD jg dijual. Bnyk jg film2 Indonesia yg dijual di sini, sampe yg jadul2 pun ada. Yg pasti dominasinya ya film2 India. Semua pegawai di sini aja org India. Berhubung rencana mau cari coklat, jadi kami ke atas, di swalayan lantai 2. Pas aku mau beli pernak-pernik di sini, kata tmn aku mending beli di bugis street aja, lbh murah. Slese blanja disini, kami kluar cari tempat makan malam. Kami pilih restoran India namanya CMK yg ada di pojokan perempatan deket Mustafa Center karna tempat ini kliatan rame banget. Kami cari2 meja penuh semua. Pas nyari2 meja malah ngliat Ben Joshua ma kluarganya lg makan disitu. Hadoh, jauh2 kemari ketemunya artis Indonesia jugak. Untung tak lama ada meja kosong. Akhirnya kami duduk dan pesen makan. Aku pesen nasi briyani kambing plus es teh tarik. Mantab nasi briyani nya. Dagingnya juga gede. Makan + minum kira2 abis 7an SGD kalo ga salah. Lumayan jg. Tp ga papa yg penting puas nyobain nasi briyani kambingnya.

Mustafa Center difoto dari depan Masjid Angullia

restoran C.M.K yg ada di paling kiri

nasi briyani kambing plus segelas es teh tarik

Karna perut dah kenyang dan hari jg dah malem (hampir jam 10), kami bayar makanan trus langsung jalan menyusuri Serangoon Rd. ke arah stasiun MRT Little India (ke arah selatan). Kami berjalan melewati pertokoan di sebelah kiri jalan. Banyak toko2 di sini yg jual macem2 barang. Sebenernya ke stasiun Little India lebih jauh ketimbang ke stasiun Farrer Park, tp berhubung kami pengen nyari toko yg jual 3 for 10 SGD dan dia jual coklat jg. Di sini biasanya harga coklatnya lebih murah dibanding di Mustafa Center cuma pilihannya sangat terbatas, jauh berbeda dg di Mustafa Center yg variasi coklatnya banyak banget. Cuma ada satu toko 3 for 10 SGD yg jual coklat di sepanjang pinggiran jalan itu. Sampai ujung jalan sblm lampu merah, kami menyebrang dan stasiun Little India ada di belakang gedung di pojokan seberang jalan itu. Dari stasiun Little India naek MRT North East Line ke arah Harbour Front trus turun di Outram Park. Di Outram Park ganti MRT East West Line ke arah Tanah Merah trus turun di Bugis. Sampai jg ke penginapan dan lembar hari kedua pun ditutup sampai di sini. (dan akan berlanjut hari ketiga dan keempat)

 
2 Comments

Posted by on April 11, 2011 in Singapore

 

2 responses to “My First Singapore Trip: Snow City, Science Centre, Orchard Rd., Mustafa Center and Little India (day-2)

  1. gamis syar'i tanah abang

    October 19, 2014 at 6:31 am

    thx udah nulis artikel ini. info yg sangat berguna buat kami yg mau ke singapore bulan depan🙂

     
    • Noviar

      November 21, 2014 at 12:37 pm

      Thx jg udh komen di sini ^^
      Tampaknya catatanku ini skrg udh ketinggalan jaman soalnya di Sg udah ada attraction baru yg wajib dikunjungi dan ada jalur MRT baru jg..

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: