RSS

Chatuchak Weekend Market

15 Apr

Chatuchak Weekend Market adalah pasar di Bangkok bagian utara yang cuma buka pas wiken aja alias hari Sabtu dan Minggu. Pasar ini katanya pasar paling gede seantero Bangkok. Luasnya kurang lebih 35 acre atau 0.14 km² dengan jumlah lapak sekitar 5000-an. Segala macam barang bisa dicari di sini, mulai dari souvenir dan makanan khas Thailand buat oleh-oleh, kaos, berbagai macam jenis pakaian, paket bumbu rempah-rempah buat masak masakan Thailand macam Tom Yam, sampe binatang peliharaan. Lapak-lapak warung makan dan minuman juga banyak tersebar di sini. Jadi kalo laper dan haus ga perlu khawatir.

Dari pusat kota, market ini bisa dijangkau dengan naik MRT ataupun BTS. Kalo naik MRT, dari pusat kota naik yang ke arah Bang Sue (utara), turun di stasiun Kamphaengphet. Keluar dari stasiun ini langsung berada di kompleks Chathuchak market. Jangan turun di stasiun Chatuchak. Karna meskipun namanya Chatuchak tapi katanya malah harus jalan kira-kira 5 menit dari stasiun ini ke kompleks market. Kalo naik BTS, dari pusat kota naik Shukumvit line ke arah Mo Chit, turun di stasiun akhir Mo Chit. Sama seperti kalo kita turun di stasiun MRT Chatuchak (stasiun BTS Mo Chit dan stasiun MRT Chatuchak lokasinya berdekatan), kita harus jalan kaki sekitar 5 menit untuk bisa sampai ke kompleks market.

Stasiun BTS and MRT yang menjadi tujuan kalo mau ke Chatuchak Weekend Market

Kali pertama aku ke Bangkok (tahun 2009), aku nggak bisa ke Chathuchak Market karna waktu itu aku ke Bangkok nggak pas wiken. Alhasil aku ma temen-temen aku waktu itu nyari oleh2 ke MBK (MahBoonKrong) Center, sebuah mal yang katanya salah satu mal tertua di Asia yang menjadi salah satu tempat favorit buat turis untuk cari suvenir buat oleh-oleh (apalagi buat turis-turis dari Indonesia) karna memang tempatnya juga di tengah kota. Meskipun harganya lebih murah di Chatuchak tapi kalo pas ga wiken ya apa boleh buat. Tapi mahal atau murahnya juga tergantung kita nawarnya sih. Soalnya dua-duanya harga barangnya bisa ditawar, meskipun ada beberapa yang mematok harga fixed alias ga bisa ditawar. Yang fixed price umumnya dipasangin kertas gede bertuliskan harga di seputaran kumpulan barang yang dimaksud.

Kali kedua aku ke Bangkok akhirnya kesampaian juga angan-angan aku buat ke Chatuchak Market. Sengaja aku buat itinerary Cambodia-Thailand Trip 2011 aku hari Minggu untuk jalan-jalan di seputaran Bangkok termasuk ke Chatuchak. Dan bener aja, begitu kluar dari stasiun MRT Kamphaengphet, aku ma temen-temen langsung masuk ke area pasar dan sepanjang mata memandang isinya penuh sama kios-kios. Mulai dari kios makanan sampai pakaian semuanya ada. Bener-bener surga buat yang suka belanja dan memang punya budget lebih buat belanja (ga kayak aku pastinya). Kami langsung cari warung makan buat sarapan waktu itu. Terpilihlah warung makan prasmanan dimana kita bisa pilih lauknya. Ga ada label halal pastinya karna memang susah banget cari warung makan berlabel halal. Jadi ya kami tanya sama si penjual, mana aja lauk ma sayur yang ga ada babinya. Bismillah…

Warung di Chatuchak tempat kami sarapan

Habis makan kami lanjut jalan dan hunting barang yang dicari. Di sini aku cuma cari titipan mama aku, beberapa tas kotak kecil bertali yang ada gambarnya gajah (yang sebelumnya pernah aku beli pas ke Phuket tahun 2009 lalu dan aku kasih ke mama waktu itu) sama kaos Thailand, trus papa aku juga minta kripik durian. Di tengah jalan kami tertarik sama turkish ice cream. Si penjualnya atraktif gitu nyiapin es krim-nya ke cone buat si pembeli. Kami pun beli. Harganya 20 Baht kalo ga salah. Rasanya ada coklat, vanila sama mangga.

Penjual Turkish Ice Cream di Chatuchak Market

Kaos Thailand gambar gajah harganya 95-an Baht sepotong. Murah juga harga kaos di lapak yang aku temuin ini. Si penjualnya juga bisa bahasa Indonesia meski sedikit terbata2. Mungkin karna saking banyaknya orang Indonesia yang blanja di sini. Hehehe. Apalagi pas kami di situ ada juga 2 bapak-bapak dari Indonesia yang lagi kulakan kaos untuk dijual lagi di Indonesia. Widihhh.. Niat amat Pak!

Kripik durian juga ada banyak yang jual di toko-toko oleh-oleh makanan. Berbagai makanan khas Thailand dijual di sini. Harganya biasanya fixed. Aku juga nyari magnet kulkas berbentuk tuktuk buat koleksi aku sendiri. Sebijinya 40 Baht. Kalo beli 3 biji 100 Baht. Tapi temen aku beli banyak bisa dapet 4 biji 100 Baht.

Untuk tas nya aku dapet 50 Baht sebiji. Aku langsung nawar begitu liat barang yang dimaksud meskipun barangnya waktu itu cuma ada dikit. Aku tawar seharga seingetnya aku dulu 50 Baht dan memang dikasih. Aku beli 5 biji. Eh begitu aku jalan lagi ternyata ada banyak yang jual dengan harga 100 Baht/3 biji. Siallllll. Nyesel banget rasanya. Udah yang tadi pilihan warnanya dikit pula. Eh pas aku kasih ke mama juga ternyata ukurannya lebih kecil dari yang aku beli tahun 2009 lalu. Pengerjaannya pun lebih halus tas yang lama. Makin nyesel aku.

Kata orang kalo di Chatuchak Market ini, sekalinya liat barang yang bagus dan kita suka harus langsung kita tawar dan beli karna kita ga akan bisa balik lagi ke tempat itu kalo udah jalan jauh. Bukan apa-apa, tempat ini luas banget, lapak berjibun, dan gang-gangnya juga banyak banget. Susah nemuin jalan balik lagi ke lapak tertentu. Tapi meskipun demikian, jangan buru-buru juga untuk membeli, mengingat kasus aku di atas. Begitu kita lihat barang yang dicari atau disuka, tanyain dulu harganya, tawar serendah-rendahnya sampe si penjual ga mau nurunin harga lagi, tapi jangan langsung dibeli, tinggalin dulu di posisi dimana dia ga mau nurunin harga lagi ke harga tawar kita. Cobalah berkeliling di sekitar lapak tadi tapi jangan jauh-jauh untuk menghindari kehilangan arah buat balik ke lapak itu. Kalo nemu lapak yang jual barang yang sama coba tawar seperti di lapak pertama. Coba tawar sampai beberapa lapak yang ditemuin, habis itu barulah tentuin di lapak mana kita mau beli barangnya. Pilih yang harganya paling murah atau kalo memang harganya sama aja ya pilih yang kualitas barangnya bagus dan variasi barangnya lebih beragam dan banyak stock-nya. Jadi punya banyak pilihan. Untuk barang-barang souvenir seperti magnet dll sih banyka lapak yang jual. Begitu juga dengan lapak makanan oleh-oleh. Pakaian juga cukup banyak. Beruntungnya aku pas beli kaos dapet yang murah karna si Bapak-Bapak tadi bilang, mereka udah keliling-keliling dan lapak itulah sudah yang paling murah harganya. Hehehe. Tapi jangan tanya ke aku dimana lapak kaos itu karna kalo aku disuruh kesana lagi pun belum tentu bisa nemu. Hahaha.

 
Leave a comment

Posted by on April 15, 2012 in Thailand

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: