RSS

Land Trip from Bangkok to Chiang Mai

26 May

Malam hari ketujuh dari Cambodia and Thailand Trip 2011-ku, aku, Dini dan Elsa berangkat ke Chiang Mai naik kereta malam dari Bangkok. Kami beli tiket berth (sleeper bed) yg second class, 2 upper berth buat Elsa dan aku, 1 lower berth buat Dini. Second class kalo di Thailand udah ber-AC. Harga tiket upper berth lebih murah dibanding yang lower berth. Upper berth seharga 791 THB sedang lower berth seharga 881 THB. Kami pilih kereta yang berangkat jam 19.35 dan jadwal tiba di Chiang Mai jam 09.55. Karena ada Dini di Bangkok jadi waktu itu kami nitip Dini untuk beliin tiket duluan sekitar sebulan sebelumnya, takutnya kalo go show ga akan dapet tiketnya dan bisa2 ngerusak rencana jalan kami yg udah disusun rapi. Tapi tenang aja, tiket kereta di Thailand bisa dipesen online mulai 60 hari sebelum tanggal keberangkatan kok, kecuali tiket kereta kelas 3 alias ekonomi. Buka aja link ini kalo mau reservasi tiket online.

Sampai Stasiun Hualamphong, kami langsung menuju ke kereta yang udah siap di platformnya. Kami cari gerbong dan seat kami. Akhirnya aku bisa liat dan bakal ngrasain juga naik kereta tidur. Hehehe. Berth kelas 2 ini terdiri dari 4 dipan tiap kompartemennya, 2 di bagian bawah (lower berth) dan 2 di bagian atas. Dipan bawah-atas saling berhadapan di 1 kompartemen. Panjang dipannya kurang lebih 2 meter. Tangga kecil untuk naik ke dipan atas ada di ujung mepet sama jendela. Kompartemennya terbuka tanpa pintu yang membatasi dengan gang. Saat kami sampai, kasur busa masih dalam keadaan tergulung di dipan atas, plus bantal, sprei dan sarung bantal yang terlipat rapi. Jadi kami duduk dulu di dipan si Dini. Lower berth lainnya di kompartemen kami ternyata seorang kakek.

Jam 19.35 Kereta mulai bergerak, berangkatlah Tak lama setelah kereta jalan, kami langsung ambil posisi masing2. Aku naik ke dipan di atas Dini, Elsa ke dipan di atas si kakek. Kami gelar kasur kami masing2 trus pasang sprei. Bantal juga disarungin. Kasur, bantal dan perlengkapannya punya si kakek, diturunin dikasih ke si kakek. Tas-tas kami taruh di rak atas yang nempel ke dinding bagian dalam deket gang. Tirai “kamar”-ku langsung kututup, siap2 tidur, Elsa juga gitu. Maklum badan capek seharian jalan kliling Chatuchak plus ke Kompleks Grand Palace & Wat Pho. Yang bingung si Dini, karna “kamar” yang bawah ga ada tirainya.

Sekitar jam 9 malem, ternyata ada petugas yang ngider ngegelarin kasur plus pasang2 sprei ma sarung bantal. Trus tirai untuk lower berth juga baru dikasih sama petugasnya pas itu. Oalah, pantesaaaan. Jadi sebenernya jam tidurnya itu seharusnya jam 9 malam. Sebelum itu ya penumpang seharusnya duduk dulu di dipan bawah. Begitu petugas datang dan kasur sudah disiapkan mereka baru deh mode tidur on. Dasar kaminya yang katrok baru pertama kali naik kereta tidur ditambah udah capek pengen cepet2 tidur, jadinya kami pasang semuanya sendiri. Pantes si kakek tadi ngliatinnya gimana gitu. Hahaha. Cuek aja lah, ga kenal ini, yang penting tiduuurrrr… Besoknya, jam 9.55 udah lewat tapi kereta belum juga nyampe di Chiang Mai. Kami baru sampai di Chiang Mai sekitar jam 11 lewat. Telat banget…  Tapi lumayan juga bisa puas tidur di kereta yang nyaman dan bisa bangun siang. Hehehe.

Kereta no.13 Jurusan Bangkok – Chiang Mai (photo from http://www.seat61.com/Thailand.htm)

kompartemen second class berth (photo from http://www.seat61.com/Thailand.htm)

kompartemen di sleeper train Bangkok – Chiang Mai

Sebenernya sih ada alternatif lain transportasi darat yang bisa digunain untuk ke Chiang Mai dari Bangkok, yaitu Bus. Lebih cepet lagi perjalanannya. Sebelumnya Dini pernah ke Chiang Mai naik bus. Berangkat dari northern bus terminal Bangkok (Mo Chit) malem, pagi2 udah sampai Chiang Mai. Sepertinya jalur jalan raya-nya relatif lebih pendek dibanding jalur rel keretanya. Sayangnya kebanyakan cuma seat duduk biasa. Pernah baca, ada juga bus yang seat-nya sleeper. Tapi agak susah cari informasinya. Dari yang aku baca sih, para traveler lebih rekomendasiin naik kereta kalo memang mau pilih yg sleeper bed. Sleeper bed-nya bus ga cukup panjang untuk tidur, apalagi buat turis2 bule yang badannya panjang2. Dari segi kenyamanan memang tidur di kereta bakal lebih nyaman dibanding tidur di bus. Cuma kalo naik kereta memang ga dapet makanan apa2, sedang kalo naik bus dapet makanan.

Lanjut ke cerita di Chiang Mai – Chiang Rai in A Night.

6 Comments

Posted by on May 26, 2012 in Thailand

6 responses to “Land Trip from Bangkok to Chiang Mai

1. Lita Susanti Vabrian (@Lshanty)

February 5, 2013 at 10:09 am

selama di kereta, kalau mau makan/minum apa di sediakan gerbong restoran ?

2. Marcel

March 27, 2013 at 3:17 am

Mas kalo dari bandara Don mueng ada ga transportasi yg ke stasiun hualampong?

• Noviar

May 18, 2013 at 8:59 pm

Sorry Marcel baru reply. waktu itu aku udah reply pakai hp tp ternyata ga ke-submit, mngkn waktu itu pas sinyalnya ga bagus dan aku ga ngecek lg.
      Dari Don Muang ke Hualamphong Station kamu bisa naik Airport Bus Route A4. Atau naik Regular Public Bus Route 29. Yang pasti Airport Bus jauh lebih cepet sampainya dibanding Public Bus karena Airport Bus ga pake berhenti2 naikin-nurunin penumpang, tapi ya tarifnya pasti lebih mahal. Bisa juga naik kereta. Kalo rame-rame ber-4 sih mendingan naik taksi sekalian.🙂
      Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di sini http://www.domesticflightsthailand.com/BangkokDonMuangAirport.htm

3. GlennRia

May 29, 2013 at 10:35 am

Mas, jika saya & istri mau ke chiang Mai naik kereta apakah tiket keretanya bisa order on the spot di stasiun Hua lamphongnya saat mau berangkatnya, dan jika sudah tiba (di Chiang Mai) harus kendaraan apa utk mencapai lokasi penginapan terdekat dan berapa harga utk paket travel mengunjungi suku2 pedalaman di sana, o ya apakah ada advice utk penginapan di chiang mai..? thanks mas.

• Noviar

May 29, 2013 at 3:02 pm

Bisa Mas kl mau beli sblm brgkt, sama sprti di Indonesia, mereka jg jual tiket sblm jam keberangkatan. Hanya saja ada kmngknn sold out.
      Utk transport dr stasiun ke kota dan dimana tempat penginapan bisa liat di postingan saya ini https://catatantraveling.wordpress.com/2012/05/29/chiang-mai-chiang-rai-in-a-night/
      Paket tour ke desa leher panjang dll harganya mulai 1000 baht. Nanti bisa ditanyakan ke penginapan tempat Mas dan istri menginap. Umumnya tempat penginapan slalu menawarkan paket tour tsb.