RSS

Land Trip Bangkok – Krabi Town by Train & Bus

17 Jun

Hari ke-9 malam, kami lanjutkan trip Cambodia-Thailand Trip 2011 kami ke Krabi. Lagi-lagi kami pilih naik kereta tidur. Harga tiket keretanya 698 Baht untuk bed yang atas dan 769 Baht untuk bed yang bawah dan itu cuma sampai Suratthani. Dari Suratthani masih lanjut lagi naik bus ke Krabi. Harga tiket busnya kalau nggak salah 250 Baht. Waktu itu kami beli tiket tersebut langsung di Stasiun Hualamphong sekitar sebulan sebelumnya, termasuk tiket bus Suratthani-Krabi yang bisa dibeli juga di loket stasiun. Beruntunglah kami ada temen yang lagi sekolah master di Bangkok jadi bisa beliin langsung ke sana. Sebenernya tiket kreta & bus ini bisa dibeli online sih. Coba masuk ke website ini. Kalau ada pertanyaan bisa email ke kontak yang tercantum di halaman web tersebut.

Selain angkutan kereta, ada juga angkutan bus langsung dari Bangkok ke Krabi. Bus berangkat dari Bangkok Southern Bus Terminal. Ada 2 jenis kelas, first class (24 seats) dan second class (50 seats). Untuk lebih lengkapnya mengenai harga dan jadwal keberangkatan bisa dilihat di sini. Kalau ditotal, lama perjalanan lebih cepat naik bus, tapi untuk bus nggak ada pilihan bed.

Kereta tidur ke Krabi ini bentuk interiornya beda dibanding kereta tidur ke Chiang Mai. Bentuknya bukan kompartemen-kompartemen. Dalam posisi belum disetting untuk tidur, interior gerbongnya cuma ada kursi-kursi selebar tak lebih dari 90 cm yg saling berhadapan dan di atasnya ada semacam rak bagasi tapi tertutup. Dan ternyata 2 kursi berhadapan itu salah satunya bisa ditarik bagian bawahnya sedemikian rupa sehingga 2 kursi berhadapan itu bisa berubah jadi bed untuk yang tiket lower berth. “Rak bagasi” di sebelah atasnya bisa dibuka dan jadi bed untuk yang tiket upper berth. Beda dengan kereta tidur model ke Chiang Mai, kita nggak bisa langsung ambil posisi tidur sendiri karena di kereta ke Krabi ini, yang bisa membuka “rak” atas cuma petugasnya. Kalo aku bisa pasti udah aku buka sendiri, secara udah pengen tidur aja rasanya. Lama lagi si petugasnya baru buka “rak”. Sekitar jam setengah 10-an malam baru dibukain. Di dalem “rak” itu udah ada 2 gulungan kasur, 2 sprei & sarung bantal bersih yang dilipat rapi dan 2 bantal, masing-masing 1 untuk di atas dan 1 untuk di bawah. Si petugas juga kasih tirai buat masing-masing bed.

“rak” atas pas posisi dibuka

kenampakan dalam kereta saat sudah kembali menjadi normal seat

Setelah semua beres diset sama petugas, kami langsung ambil posisi masing-masing buat tidur. Memang lebih nyaman kereta tidur yang ke Chiang Mai. Tapi yang namanya ngantuk ya tetep aja tidurnya nyenyak. Bangun-bangun udah terang di luar dan udah hampir sampai Suratthani. Aku sama Elsa yang tidur di bed atas turun dan siap-siapin barang. Bed bawah diubah lagi jadi kursi. Mbak-mbak dari Kanada yang tidur di bed bawahku juga dah duduk manis di kursi yang tadinya jadi bed tempat tidurnya. Kasian juga semalem dia dah ngantuk berat gara-gara baru sampai dari Kanada. Masih jet lag berat sepertinya. Dia mau ke Koh Samui nyusul Ibunya yang udah duluan berangkat.

Begitu kereta berhenti di Suratthani sekitar jam 7 pagi, kami pun turun dari kereta. Begitu keluar dari stasiun, udah banyak orang dari berbagai agen bus nunggu di depan pintu keluar dan kasih tau bus mereka dan tujuannya. Karena kami beli tiket bus dari Songserm jadi kami cari bus yang berlabel tersebut. Eh ternyata ada beberapa bus dengan label itu. Jadilah kami tanya ke orang bus-nya, mana yang ke Krabi.

Akhirnya kami naik bus kami. Dan ternyata bus itu nggak langsung ke Krabi tapi mampir dulu ke semacam kantor agen bus-nya yang ada di luar kota Suratthani. Di situ barulah dipisah-pisahin lagi mana yang ke Krabi, mana yang ke Koh Lanta, Koh Samui, Phuket, dll. Kami pun ditempeli stiker yang ditempel di depan dada sesuai dengan tujuannya.

Dan lagi-lagi kami diturunkan di pinggiran kota Krabi. Tempat agen bus-nya. Semuanya memang diturunkan di situ. Dan untuk ke Krabi Town-nya kami harus nyambung naik van dan itu bayar lagi 50 Baht. Hufff… Nggak lagi-lagi deh naik bus merk Songserm ini. Mudah-mudahan bus yang merk lain nggak seperti ini juga. Dengan mobil van ber-AC, diantarlah kami ke Krabi Town dan diturunin di jalan deket hostel yang sudah kami booking sebelumnya via email langsung ke si hostel. Namanya Good Dream Guesthouse. Pas sampai sana masih belum jam check in, tapi kami coba nanya ke resepsionis-nya yang di Good Dream Guesthouse 1 (soalnya ada 2, yang satunya di seberang jalan sekitar 200 m dari guesthouse 1). Kali-kali kamarnya udah kosong. Pas nanya ternyata kamar kami udah kosong tapi belum dirapihin lagi dan kami suruh nunggu. Daripada nunggu sambil bengong dan memang udah jam makan siang, jadilah kami pesen makan siang sekalian di guesthouse. Bagian depannya guesthouse ini memang dijadiin semacam restoran kecil. Harga makanannya juga nggak mahal-mahal amat.

Pas banget pas makan siang selesai, kamar dah siap. Private room AC + kamar mandi dalam yang buat Elsa ma Dini ada di guesthouse 1, sedangkan private room-ku non AC + kamar mandi luar yang tanpa AC ada di guesthouse 2. Harga kamar Elsa ma Dini 500 Baht per malam buat berdua, sedang kamarku 270 Baht per malam (karena aku nginapnya 2 malam, kalo cuma semalam 300 Baht) yang sebenernya bisa buat berdua karena isinya ada 2 kasur singel. Ya beginilah kalo cuma cowok sendiri, pengeluaran jadi sedikit lebih karena ga ada teman share kamar kalo mau kamar private. Untuk lebih lengkapnya mengenai Good Dream Guesthouse ini bisa langsung buka website-nya berikut.

Kami pun menuju kamar kami masing-masing yang terpisah gedung. Saatnya tidur siang dan kami janjian untuk jalan keluar jam 5 sore. Jalan-jalan seputar Krabi Town berlanjut di sini.

3 Comments

Posted by on June 17, 2012 in Thailand

3 responses to “Land Trip Bangkok – Krabi Town by Train & Bus

1. noe

May 23, 2013 at 2:09 pm

Gan, boleh tanya yah. kalo dari krabi ke bangkok naik kereta, ada yang start dari stasiun Surat Thani jam 9an malem nggak ya? soalnya rencana mau tour phiphi island dulu seharian, kalo mau ke bangkok naik bus nggak mungkin krn bus terakhir jam 5 sore, sedangkan one day tour juga selesainya jam 5 sore.😦 mohon pencerahan🙂

• Noviar

May 23, 2013 at 3:20 pm

Ada tapi yg kelas 1. Ada di jam 9, stgh 12 sama jam 12 mlm. Harganya mahal tapi. 1139 baht utk yg kasur atas. 1339 baht utk kasur bawah. Coba lgsg dicek di http://www.thailandtrainticket.com
      Kl menurutku sih ya, mending naik pesawat aja lgsg dr Krabi ke Bangkok. Tadi coba liat airasia ada yg jm 19.10 harganya cm sekitar 890 baht di weekdays bulan agustus ini. Palingan jg umumnya harganya segituan.

• noe

May 24, 2013 at 9:12 am

aku masih lama sih, buat april 2014. hehe.. ntar nunggu promo air asia deh. thanks infonya gan🙂