RSS

Krabi: 4-Island Tour

25 Jun

Hari ke-2 kami di Krabi, yang berarti udah hari ke-10 dari perjalanan Thailand-Cambodia Trip 2011 kami, kami ikut 4-Island Tour yang sebelumnya telah kami booking di resepsionis penginapan kami. Keempat pulau yang dimaksud dalam tour ini antara lain adalah Tup (Thap) Island, Chicken (Dam Khwan/Kai) Island, Poda Island dan Phranang Cave & Beach. Harga paketnya cuma 400 Baht, dan itu memang paket paling murah yang isinya ada snorkeling dan main di pantai. Memang lebih murah kalau pesan paket tour langsung di penginapan dibanding booking lewat internet.

Jam 8 pagi kami udah siap nunggu jemputan di Good Dream Gueshouse 1, tempat Elsa dan Dini menginap. Kira-kira jam 8 lewat barulah kami dijemput. Kami dijemput naik songthaew. Di dalam songthaew udah ada sepasang cowok bule setengah baya dan cewek lokal dan 2 orang bule cowok muda. Setelah jemput kami, songthaew langsung meluncur ke daerah Ao Nang. Kami semua diturunkan di Nopparat Thara Beach, pantai di sebelah barat laut Ao Nang Beach. Pas turun ada mbak-mbak yang nampaknya dari agen tour-nya, eh ternyata dia bukan nyari peserta 4-Island Tour tapi tour yang lain (kayaknya tour yang lebih mahal dari kami, hahaha). Kirain kami juga bakal naik perahu dari sini juga tapi ternyata nggak. Kami dijemput lagi sama songthaew yang sopirnya ibu-ibu hamil berumur sekitar 30-an taun. Kali ini cuma kami bertiga yang naik. Orang-orang yang tadi naik songthaew jemputan bareng kami ternyata turun di Nopparat Thara Beach ini. Ternyata mereka nggak ikut tour murah seperti kami. Hehehe.

Songthaew berikutnya membawa kami ke Ao Nang Beach. Kami disuruh nunggu di pinggir pantai dan si sopir pergi lagi. Kami pikir sih si sopir jemput rombongan lain yang nanti bakal sekapal dengan kami. Lumayan lama juga kami harus nunggu, tapi untungnya pemandangan di pantai ini nggak bikin bosen. Sambil nunggu kami bisa foto-foto dan duduk-duduk di bawah pohon di pinggir pantai. Di tepian pantai banyak berjajar longtail boat yang siap membawa turis tour ke pulau-pulau dan salah satunya pasti yang bakal kami naiki.

longtail boat yang berjajar di pinggir Pantai Ao Nang

Ao Nang ini merupakan daerah seperti Kuta kalau di Bali. Daerah wisata di pinggir pantai yang lengkap dengan banyak penginapan, toko souvenir dan juga restaurant. Sayangnya harga penginapan di sini relatif jauh lebih mahal dibanding di Krabi Town. Itulah salah satu alasan kenapa kami pilih penginapan di Krabi Town.🙂

Beberapa lama nunggu, datang rombongan pertama, bule-bule, ada 3 cowok dan 1 cewek. Ada juga mas-mas berwajah lokal yang datang dan memperkenalkan diri namanya Song dan dialah guide kami nanti. Sedang si sopir pergi lagi. Song bilang tunggu dulu jemput satu rombongan lagi. Wokey.

Akhirnya rombongan terakhir datang. Rombongan terakhir terdiri dari 2 bule cowok tua dan 1 cewek setengah baya berwajah oriental. Total anggota rombongan kami jadi 10 orang dengan 1 guide dan 1 tukang kapal dan berangkatlah longtail boat kami menuju Tup Island yang menjadi tujuan pertama kami.

4-island tour route map (downloaded from http://www.krabi-tourism.com/krabi-map-aonang.htm with modification)

Kami pun mendarat di Tup Island. Tup Island terdiri dari 3 pulau kecil yang saling dihubungkan oleh endapan pasir putih, letaknya di antara Poda Island dan Chicken Island yang berukuran lebih besar. Pantainya bagus banget (berhubung track record-ku ke pantai juga masih minim, jadi mungkin liat ini aja udah bagus banget, padahal aku yakin pasti di Indonesia ada yang lebih bagus). Pasir pantainya putih, halus dan relatif bersih dari sampah. Airnya juga jernih dan berwarna hijau turtois. Bermain pasir dan berenang bisa dilakukan di pantai ini karena airnya tenang. Pemandangannya pun bener-bener indah dan membuat mata tak bosan melihatnya. Di sini kami cuma foto-foto (standar), duduk-duduk sambil menikmati pemandangan dan sedikit berenang sambil buang air kecil kalo pas gebelet *ups. Maklum nggak ada toilet. Hehehe.

pantai di Tup Island dengan latar belakang Poda Island

pasir pantai di Tup Island

Tup Island

Selanjutnya, pulau kedua adalah Chicken Island. Pulau ini disebut chicken karena karang dari pulau ini bentuknya mirip ayam. Pulau ini tidak punya pantai jadi memang perahu kami tidak berlabuh di pulau ini. Kami hanya lewat dan lihat dari kejauhan kemudian lempar jangkar untuk berhenti di spot snorkeling di dekat Chicken Island. Kami segera meluncur masuk ke air setelah pasang perlengkapan snorkeling. Pas ngliat ke dasar, halah, apaan ini yang bisa diliat. Karangnya nggak ada menariknya sama sekali. Cuma warna coklat berpasir dan nggak berkembang. Lupakan aja kalau mau liat karang di sini. Yang bisa dilihat paling cuma ikan-ikan aja. Itupun ikannya datang kalau dikasih makan roti. Tadinya bener-bener nggak ada apa-apa. Eh pas kasih makan roti juga ikan-ikan yang datang cuma ada 2 macem aja, yang warnanya kuning belang-belang dan warna abu-abu mulutnya kuning. It was so boring.

Chicken Island, mirip nggak sama ayam?

snorkeling dan 2 macam ikan yang ada dengan latar karang yang nggak berkembang

Cukuplah snorkeling-nya, selesai foto-foto dan kasih makan ikan, kami langsung naik lagi ke perahu. Begitu semua naik perahu, jangkar diangkat dan cabut ke pulau selanjutnya, Poda Island. Di Poda Island inilah kami makan siang. Makan siang sudah include dalam paket tour. Sampai di Poda, kami turun dan si Song, guide kami, menurunkan piring, sendok, kotak nasi, juga sayur dan lauk. Untuk minumnya, sejak awal tour kami memang sudah disediain air mineral botol 1 literan banyak. Jadi kapanpun mau minum tinggal ambil aja. Kami cari tempat yang teduh untuk makan lesehan. Udah macam piknik bawa bekel dari rumah aja. Lauknya ada suwiran ayam yang ditumis bareng potongan dadu timun, wortel dan nanas. Sayurnya chicken green curry. Menurutku sih dua-duanya rasanya enak.

menu makan siang dari paket tour

Kenyang sudah ini perut. Lanjutlah kita foto-foto lagi (kegiatan wajib nan eksis) trus jalan di sepanjang pantai. Di Poda Island ini ada bangunannya yang entah fungsinya sebagai apa, yang pasti ada toilet di sini. Penjual makanan juga ada di sini. Ada yang jual es krim walls dan juga jagung bakar. Karena tergoda sama jagung bakarnya, aku sama Elsa akhirnya beli, meski cuma 1 trus potekan (maklum turis irit, hehehe). Nah kalau mau beli es krim, belilah es krim di kotak resmi es krim walls di deket cafe yang ada kursi dan meja-meja berpayung, karena harganya lebih murah dibanding beli di anak-anak yang ngider nawarin pake box gendongan.

Poda Island

pemandangan di Poda Island

tak ada tripod, tas kamera pun jadi😀

ibu-ibu penjual jagung bakar di Poda Island

Waktu yang dikasih sama Song untuk stay di Poda udah habis, kami balik ke perahu dan siap berlayar lagi. Tujuan selanjutnya adalah Phranang Cave and Beach. Sebenernya pantai ini bukan pulau tersendiri tapi bagian dari daratan Krabi. Lokasinya di tenggara Ao Nang. Pas sampai Phranang, pantainya udah penuh sama turis. Aku, Dini & Elsa turun dari kapal dan jalan ke arah kanan kapal. Duduk-duduk di paling ujung pantai yang bagian atasnya sedikit tertutup karang karena karangnya membentuk cerukan yang tinggi. Ngadem sambil foto-foto dan leye-leye buat ngabisin waktu. Selain udah capek dan tempatnya yang rame bikin kami jadi males bergerak. Warna pasir pantai di sini pun agak kecoklatan, nggak seputih di Tup Island ataupun Poda Island. Barulah pas jam bermain dari Song udah mau abis, kami balik ke dekat perahu. Eh, ternyata ada warung yang jualan di atas perahu yang lagi bersandar alias warung perahu. Ada beberapa perahu yang jualan di situ. Jualannya juga macem-macem. Ada beraneka jenis jus buah, sate-satean, jagung bakar, kwetiaw, dll. Tergoda lagi kami buat jajan. Aku beli jus pisang yang ternyata enak juga kalo dibuat jus. Semua anggota tour udah balik ke perahu dan kami pun kembali menuju Ao Nang Beach. Di perjalanan kami ngobrol-ngobrol sama si ibu-ibu yang berwajah oriental. Memang dia yang paling ramah di antara yang lain. Dia cerita kalau tadi di Phranang Beach mereka ke gua (Phranang Cave maksudnya) yang ada di sebelah kiri dari parkir perahu tadi. Dan saat itulah kami baru sadar kalau tadi kami melewatkan obyek wisata utama di Phranang dan cuma buang-buang waktu nggak jelas di salah satu ujung yang berlawanan arah dengan Phranang Cave. Doh!

Phranang Cave ada di salah satu dari 2 gundukan karang yang ada di tengah laut

Sampai di Ao Nang, sebelum turun nggak lupa kami kasih tip ke kotak tip yang ada di perahu, berhubung nggak ngerti bagusnya ngasih berapa dan terbatasnya duit kami, jadi kami cuma kasih 150 Baht bertiga. Jadi masing-masing kasih 50 Baht. Songthaew bersopir ibu-ibu hamil tadi udah siap buat ngantar kami balik ke penginapan lagi. Dan ternyata rombongan 3 orang yang ada ibu-ibu berwajah oriental itu juga ikut naik bareng kami. Di jalan dia cerita kalau mereka bayar untuk paket tour ini cuma 250 Baht seorang setelah mereka nawar. Wew, murah banget. Tapi tempat mereka menginap memang cuma di seputaran Ao Nang jadi ya bolehlah harganya beda. Dan lagi mereka kayaknya langsung negonya sama si ibu-ibu sopir (yang ternyata adalah istrinya Song). Jadi pas tadi kami disuruh nunggu sebelum berangkat, karena jumlah pesertanya masih sedikit jadi mereka cari-cari dan nawarin langsung ke turisnya di seputaran Ao Nang. Si ibu-ibu itu juga cerita kalau mereka itu teman sekantor. Mereka ke Krabi naik mobil sendiri dari Singapura. Road trip gitu ceritanya. Mantap bener dah. Pas mereka nanya ke kita kerjaannya apa dan kami jawab geologist, it’s suprising us, ternyata mereka itu para geophysicist. Meskipun si ibu background-nya bukan geofisika tapi katanya pernah ngerjain seismic processing. Lah, samaan dong sama Elsa. Hehehe. Obrolan kami pun berakhir karena mereka harus turun di salah satu jalan yang masih di daerah Ao Nang dan songthaew yang sejak dari Ao Nang Beach tadi disopiri sama Song ini membawa kami menuju Krabi Town. Dan berakhirlah 4-Island Tour ini.

 
Leave a comment

Posted by on June 25, 2012 in Thailand

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: