RSS

Phi Phi Islands – Maya Bay, from Krabi to Phuket

02 Jul

Tujuan berikutnya di hari ke-11 dari Thailand-Cambodia Trip kami adalah ke Phi Phi Islands dan tujuan utama kami adalah Maya Bay. Plan kami berangkat dari Krabi naik ferry pagi ke Phi Phi kemudian ke Maya Bay, lalu sorenya langsung naik ferry dari Phi Phi ke Phuket.

Tiket ferry dari Krabi kami beli di resepsionis penginapan kami sehari sebelumnya. Harganya 300 Baht per orang. Harga ini udah termasuk minivan jemputan dari penginapan ke pelabuhan. Jadwal kapal berangkat jam 9 jadi kami sudah mulai siap untuk dijemput di penginapan jam 8 pagi. Perjalanan dari Krabi Town ke port sekitar 15 menit. Sampai port kami langsung masuk dan tukar kuitansi dari pembelian tiket di penginapan dengan tiket asli, kemudian naik ke kapal. Semua tas backpack ditinggal di bagian luar deck sampai bertumpuk-tumpuk tas di luar situ, sedangkan orang-orangnya ada yang pilih masuk ke dalam deck dan ada yang pilih di luar di bagian atas. Bule-bule biasanya lebih suka di luar karena bisa liat pemandangan di luar dengan bebas dan sekalian berjemur. Nah kalau kami jelas pilih duduk di deck dengan bangku-bangu panjang yang cukup empuk dan ruangan ber-AC. Karena banyak yang di luar (karena penumpangnya memang didominasi sama bule) jadi di dalam relatif kosong. Lamanya perjalanan dari Krabi ke Phi Phi sekitar 1,5 jam.

deck kapal ferry Krabi – Phi Phi

Kapal kami merapat di Tonsai Pier yang ada di Koh Phi Phi Don (Pulau Phi Phi Besar), pulau terbesar di Phi Phi Islands dan satu-satunya yang dihuni penduduk. Tonsai Pier ini juga pernah dijadiin tempat shooting video klipnya Andien yang “Moving on”. Begitu turun, kami sempatin foto-foto dulu di depan gapura Tonsai Pier. Nggak kerasa udah tahun 2009 lalu aku pernah foto di sini, masih tetep belum berubah. Setelah melewati gapura, kami langsung ketemu semacam pasar atau pusat keramaian di pulau ini. Di sini ada banyak kios yang berjualan berbagai macam souvenir, agen-agen tour & travel, money changer dan juga makanan.

Tonsai Pier

Yang pertama kali kami cari di sini adalah money changer karena Elsa sama Dini mau nukerin duit. Duit Baht-nya udah mulai menipis. Setelah itu kami segera cari agen tour tempat dimana kami bisa menyewa longtail boat buat ke Maya Bay. Kami coba tanya ke salah satu kios agen dan kami sewa longtail boat di situ seharga 1500 Baht untuk 3 jam dan kami nggak perlu bayar retribusi pas di Maya Bay (soalnya aku pernah googling tentang Maya Bay dan baca dari tulisan orang kalau begitu sampai di Maya Bay kita bakal disamperin sama petugas dan ditarikin entrance fee 200 Baht karena memasuki kawasan national park). Sebenernya sih ada yang bilang kalau sewa longtail boat langsung ke tukang perahunya bisa dapet 1000 Baht, tapi pikir kami daripada kelamaan nyari dan repot harus bawa-bawa tas gede dan takutnya juga nanti malah kena retribusi 200 Baht pas di Maya Bay kan malah jatuhnya lebih mahal.

Sebelum berangkat, backpack kami titipin di tempat agen ini, mereka ada ruangan khusus buat nyimpen tas titipan dan kami diberi nomer, mirip tempat penitipan di supermarket. Kami bawa barang-barang yang penting aja. Dan kami juga diberi sticker yang dipasang di dada yang menunjukkan paket yang kami ambil yaitu ke Maya Bay. Kami kasih tau ke si orang agen kalau kami harus balik lagi ke Tonsai sebelum jam 2 karena kami harus naik kapal ke Phuket yang berangkat jam 14.30. Jadi dia bisa bilangin ke tukang perahunya juga.

Berangkatlah menuju Maya Bay naik longtail boat. Perjalanan ke Maya Bay dari Tonsai kira-kira setengah jam. Maya Bay ini adalah salah satu teluk di Koh Phi Phi Leh (Pulau Phi Phi Kecil), tempat yang menjadi terkenal dan banyak dikunjungi turis setelah ada film The Beach yang dibintangi Leonardo Dicaprio shooting di sini. Ketika perahu sudah hampir merapat di The Beach, dari kejauhan keindahan pantai ini sudah terlihat. Pantainya yang putih dengan air laut berwarna tortoise sangat menyegarkan mata. Begitu perahu bersandar di salah satu ujung pantai, kami turun dan ternyata pantai ini sangat ramai oleh turis. Agak susah juga mau foto-foto tanpa ada orang lain masuk ke frame foto kita. Kami harus pintar-pintar cari spot buat foto. Pas aku lihat air laut yang berwarna tortoise, sangat jernih dan tak berombak dengan pasir halus yang berwarna putih, aku jadi pengen berenang. Tapi sayangnya di sini kami nggak berencana untuk basah-basahan. Nggak ada persiapan buat mandi dan ganti baju, karena memang waktunya yang sempit. Selesai foto-foto, kami jalan kaki ke arah darat, masuk ke Maya Bay National Park. Ternyata di dalam pohonnya cukup besar-besar dan rindang. Di sini juga ada camp area yang disewakan lengkap dengan tendanya. Kayaknya kita bisa booking online kalau mau sewa, tapi harganya mahal kalo untuk ukuran kami. Mau nginap di penginapan yang ada di Phi Phi Don aja nggak jadi karena harganya yang jauh lebih mahal dibanding penginapan di Krabi ataupun Phuket. Makanya kami di Phi Phi cuma one day trip aja. Di ujung camp area juga ada spot dimana kita bisa melihat pemandangan di sisi lain dari pulau. Tempat ini memang cukup private karena tak ada banyak penjual di sini. Cuma ada satu bangunan terbuka yang jual minuman. Dan kami nebaknya sih harganya pasti mahal. Kalau untuk toilet sih di sini sudah tersedia.

perjalanan longtail boat ke Maya Bay

jernihnya air laut di Maya Bay

tetep usaha foto loncat di tengah ramainya Maya Bay

cuma kami aja di Maya Bay yang foto-foto begini, sampai diliatin ma turis lain😀

Maya Bay National Park

camp area yang ada di dalam Maya Bay

Sekitar jam 1 kami balik dari Maya Bay, kembali menuju Tonsai. Sampai di Tonsai, karena perut dah keroncongan, kami cari warung buat makan siang. Harga makan di sini relatif lebih mahal dibanding di Krabi Town. Harga seporsi nasi goreng atau mie goreng sekitar 70-an Baht. Selesai makan kami balik lagi ke agen buat ngambil titipan tas dan langsung menuju port buat naik ke kapal karena bentar lagi kapal kami ke Phuket berangkat. TIket kapal kami dari Phi Phi ke Phuket kami beli online di website berikut pas di Krabi. Bayarnya bisa pakai kartu kredit. Itinerary-nya kami print juga di penginapan pas di Krabi. Pas pemeriksaan tiket kami tinggal nunjukin print out itinerary-nya ke petugas dan kami diberi stiker yang ditempel di dada sesuai tujuan akhir kami (apakah ke Patong Beach, Phuket Town atau tempat lainnya yang akan menentukan minivan mana yang akan kami naiki setibanya di Rassada Pier Phuket). Total harganya 550 Baht plus pajak 7 %, 450 Baht untuk kapal dan 100 Baht-nya untuk minivan dari port ke Phuket Town. Termasuk mahal juga sih itungannya. Lebih murah kalau beli langsung. Tapi kami khawatir kalau beli langsung pas di Phi Phi, kami kehabisan tiket. Tadinya kami kira bisa dibeli di Krabi tiket kapal Phi Phi – Phuket, tapi ternyata nggak bisa dan harus dibeli di Phi Phi.

foto dulu sebelum naik ke kapal

Kapal kami ke Phuket ini relatif lebih besar dibanding kapal ferry yang tadi pagi membawa kami ke Phi Phi. Nama kapalnya Phi Phi Cruiser. Kapal ini memang lebih mewah dibanding kapal dari Krabi tadi, terlihat dari interior dan seat-nya. Ditambah lagi, di kapal ini penumpangnya disuguhi buah gratis, waktu itu kami dibagiin potongan buah semangka. Sepertinya Phi Phi Cruiser ini operatornya swasta, sedang ferry dari Krabi tadi dioperatori oleh Pemerintah. Pantesan aja harga tiket kapal Krabi – Phi Phi jauh lebih murah dibanding tiket kapal Phi Phi – Phuket ini. Dan lagi-lagi kami pilih duduk di dalam yang adem ber-AC. Perjalanan dari Phi Phi ke Phuket sekitar 2 jam. Kapal berangkat jam 14.30 dan sampai di Rassada Pier Phuket sekitar jam 16.30. Dan selanjutnya kami naik minivan ke penginapan kami di Sunwest Guesthouse.